Lima (2018)

Diposting pada

Lima merupakan sebuah film drama Indonesia terbaru 2018 yang mengangkat topik pancasila. Film Lima 2018 disutradarai oleh lima sutradara berbakat yakni Shalahuddin Siregar, Lola Amaria, Adriyanto Dewo, Tika Pramesti dan Harvan Agustriansyah. Lola menuturkan bahwa film berjudul “LIMA” ini bukanlah omnimbus.

Kelima sutradara film LIMA tersebut memiliki bagian masing-masing untuk membuat cerita film dengan mengaplikasikan satu sila dari Pancasila. Sila pertama dibebankan pada Shalahuddin Siregar, sila kedua pada Tika Pramesti, sila ketiga Lola Amaria, sila keempat Harvan Agustriansyah dan sila kelima Adriyanto Dewo.

Lima movie ini mengangkat tema Pancasila yang proses syutingnya akan mengambil latar di Kota Bandung. Film ini akan diproduksi oleh pihak Lola Amaria Production yang akan menceritakan tentang lima cerita dengan tema nilai Pancasila dan berada dalam satu benang merah. Jadi kelima cerita mengenai nilai Pancasila tersebut akan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Film ini merupakan salah satu upaya bagi Lola untuk mengajak para masyarakat khususnya para generasi muda dalam pengamalan Pancasila. Pancasila sejatinya bukan hanya cukup dilafalkan semata, namun seharusnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai masyarakat yang baik harus menerima keberagaman, kemusyawarahan dan juga toleransi.

Film ini akan dimeriahkan oleh beberapa artis berbakat seperti Prisia Nasution, Baskara Mahendra, Yoga Pratama, Dewi Pakis dan Tri Yudiman. OST. Film LIMA yang berjudul Rumah Bhinneka dinyanyikan oleh Syaharani, Kikan, Dea Panendra, Isa Raja, Taufik Hidayat. Film lima tayang dan rilis tanggal 21 Mei 2018, karena untuk menyambut hari lahirnya panca sila pada 01 Juni 2018.

Lima, Film Lima 2018, Sinopsis Lima, Review Lima, Lima Movie, Poster Lima

Sinopsis :

Film Lima bercerita tentang tiga orang anak yaitu Aryo, Fara dan Adi yang baru saja kehilangan sosok ibu tercinta, Maryam. Selain ketiga anak tersebut, ada juga sosok yang berkerja sebagai asisten rumah tangga yang juga merasa kehilangan, Ijah. Akan tetapi ketika sedang melakukan prosesi pemakaman sang ibu, ketiga anak tersebut melakukan perdebatan.

Maryam sendiri berlatar belakang seorang muslim dan beraga Islam. Sementara disisi lain hanya ada satu anak Maryam yang juga beragama Islam yaitu Fara. Setelah melalui proses perdebatan, akhirnya bisa terselesaikan dengan damai dan kondusif.

Disisi lain walaupun perdebatan sudah selesai, nampun menjalar ke masalah lainnya. Ketika berada di sekolan Adi selalu selalu meihat peristiwa yang tidak berkemanusiaan. Rasa tidak tega pun muncul dalam dirinya, ia memutuskan untuk membantu dengan catatan harus berhadapan dengan Dega.

Baca Sinopsis :  Tyler Perry's a Madea Family Funeral (2018)

Fara, yang berprofesi sebagai pelatih renang, ketika sekali ketika sedang memutuskan siapa saja atlet yang dikirim ke pelatihan nasional (PELATNAS) tanpa sama sekalai mempertimbangkan unsur SARA. Akan tetapi, disisi lain ia juga harus melalui rintangan dan tantangan dari pemilik klub renang tersebut. Padahal para murid yang telah diseleksi tidak pernah mempersoalkan pilihan sang pelatih dan perbedaan warna kulit.

Ayo juga harus menjadi pemimpin dalam masalah warisan, karena ia sebagai anak laki-laki dan menjadi anak tertua di keluarga tersebut. Sementara itu Ijah, sang asisten ruah tangga harus memutuskan untuk pulang kampung demi mewujudkan keadilan bagi keluarganya.

Hanya ada satu solusi yang dibutuhkan oleh Aryo, Fara, Adi, dan Ijah yaitu “PANCASILA”. Pancasila sendiri terdiri dari sila mengenai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan. Itulah sinopsis film Lima.

Penarasan dengan film yang dibuat untuk menyambut hari lahir Pancasila? Maka bagi yang penasaran, nonton film Lima hanya di bioskop terdekat di kota anda. Namun ingat, film ini dibatasi usia untuk 17 tahun ke atas atau 17+.

Detail (Crew) :

Jenis Film:Drama
Sutradara:Lola Amaria
Shalahuddin Siregar
Tika Pramesti
Harvan Agustriansyah
Adriyanto Dewo
Penulis:Sinar Ayu Massie
Titien Wattimena
Bintang Film:Tri Yudiman
Baskara Mahendra
Prisia Nasution
Yoga Pratama
Dewi Pakis
Produser:Lola Amaria
Produksi:Lola Amaria Productions
MPAA:17+
Tanggal Rilis:31 Mei 2018
Durasi:31 Mei 2018
Negara:Indonesia
Bahasa:Indonesia

Pemain (Cast) :

Prisia NasutionSebagaiFara
Yoga PratamaSebagaiAryo
Baskara MahendraSebagaiAdi
Tri YudimanSebagaiBu Maryam
Ken ZuraidaSebagaiTante Ita
Dewi PakisSebagaiBi Ijah
Aji SantosaSebagaiAgus
Raymond LukmanSebagaiKevin
ElizaSebagaiNoni
Gerdi ZulfitrantoSebagaiAndre
Ravil PrasetyaSebagaiDega Pratama
Ella HamidSebagaiSuster
Alvin AdamSebagaiErick
Willem BeversSebagaiTony
Aufa AssegafSebagai
Rangga DjonedSebagaiFajar
Warman NasutionSebagai
Ade Firman HakimSebagaiPenasehat Hukum
Sapto SoetardjoSebagaiJaksa Penuntut Umum

Trailer :

Galeri Poster, Foto dan Gambar :

Adryanto Film Lima

Harvan Film Lima

Lola Film Lima

Tika FIlm Lima

Tika FIlm Lima

Prisia Nasution Film Lima

Baskara Mahendra Film Lima

Dewi Pakis Film Lima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *